DROP DOWN MENU

Minggu, 04 November 2012

Tips Cara Menghemat Batere di Hape Android



Dari berbagai kecanggihan yang ditawarkan oleh hape berbasis Android, ternyata produk tersebut tidak lepas dari kekurangan. Sama seperti hape yang masuk kategori hape smartphone. Keluhan paling sering yang dialami para pengguna Android, adalah berhubungan dengan daya tahan batere yang terbilang boros. Jika melihat teknologi yang dimilikinya, keadaan seperti itu sebenarnya bisa dikatakan wajar.

Namun siapa sih yang tidak jengkel bila sedang asik-asiknya berselancar di dunia maya atau sedang mengunduh aplikasi tiba-tiba batere drop karena tersedot energinya begitu cepat. Bagaimana cara mengatasinya? Ada berbagai tips dan trik nan sederhana namun sangat berarti untuk mengurangi konsumsi batere hape Android sehingga batere Android bias bertahan lebih lama dan tidak terlalu sering meminta di  chargekarena energinya terkuras.

Tips Cara Menghemat Batere di Hape Android

Berikut ini adalah 8 tips cara menghemat batere pada hape Android :
  1. Gunakan mGlobal Positioning System (GPS) seperlunya, fitur ini memang sangat berguna sebagai penunjuk lokasi. Namun disatu sisi GPS banyak menyedot energy batere. Bila Anda selalu mengaktifkan fitur ini, padahal disaat yang bersamaan tidak sedang digunakan maka ada baiknya Anda hanya mengaktifkan hanya pada saat digunakan.
  2. Hal yang sama juga berlaku pada fitur Bluetooth serta WiFi, matikan kedua perangkat konektivitas tersebut. Aktifkan hanya pada saat Anda akan menggunakannya.
  3. Screen Brightness memang membutuhkan daya batere khusus. Oleh karena itu aturlah brightness pada posisi 30%. Bisa diatur di Settings -> Screen dan Display -> Brightness.
  4. Pilih wallpaper yang sederhana. Wallpaper animasi 3D memang sangat menarik, namun perlu diingat bahwa untuk menggerakkan animasi tersebut dibutuhkan batere ekstra. Sebaiknya gunakan wallpaper yang bersifat statis saja.
  5. Pilih Screen Timeout yang paling tepat, jika 15 detik terlalu cepat namun 1 menit terlalu lama untuk membiarkan layar menyala, maka pilihlah 30 detik. Cara mengaturnya ada di Setting s -> Screen dan Display -> Screen timeout.
  6. Batasi pemasangan widget dan shortcut di desktop HOME Anda, atau hilangkan sama sekali.
  7. Update otomatis. Sebaiknya update otomatis hanya dilakukan pada fasilitas email saja. Sementara untuk lainnya seperti jejaring social Anda update secara manual. Jika Anda tetap ingin melakukan update otomatis terhadap menu lain diluar email, maka setting pada waktu dengan interval paling panjang.
  8. Nonaktifkan pilihan Always-On Mobile Data, jika pengaturan ini aktif. Hape Anda akan terus menerus tersambung ke jaringan data dan mendapatkan berbagai notifikasi. Secara otomatis daya batere akan lebih cepat berkurang, tapi hal tersebut apakah sangat diperlukan? Sejatinya walau menu tidak aktif, Anda masih akan mendapatkan notifikasi Gmail dan Gtalk, yang jauh lebih penting dari sekedar notifikasi dari jejaring social.
Walaupun tips diatas tergolong sangat sederhana namun bisa berarti banyak bagi batere hape Android yang terkenal boros.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi para pengunjung diharapkan kesediaannya untuk meluangkan sedikit waktu menulis komentar disini...
Komentar anda sangat bermanfaat bagi terus berjalannya blog ini dan postingan selanjutnya....
Anda yang bukan termasuk pengguna yang sudah terdaftar, pengguna dengan akun google ataupun anggota dari blog ini boleh berkomentar disini (dengan cara pilih: Name/URL pada label "Beri komentar sebagai" dibawah Masukkan komentar Anda)

Anda juga boleh requez apapun yang berrhubungan dengan IT dan hobby.. thank's...