DROP DOWN MENU

Minggu, 29 Januari 2023

JAWABAN PENCAPAIAN PENEMPUHAN SYARAT-SYARAT KECAKAPAN UMUM PENEGAK BANTARA dijamin paling lengkap

JAWABAN PENCAPAIAN PENEMPUHAN SYARAT-SYARAT KECAKAPAN UMUM PENEGAK BANTARA

(1) Agama:

Islam:

  • Dapat menjelaskan makna rukun iman dan rukun islam.
  • Mampu menjelaskan makna sholat berjamaah dan dapat mendirikan sholat sunah secara individu.
  • Mampu menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam Puasa.
  • Tahu tata cara merawat atau mengurus jenazah (Tajhizul Jenazah)
  • Dapat membaca doa ijab qobul zakat.
  • Dapat menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
A: Makna Rukun Iman:
Iman menurut bahasa berarti membenarkan. Sedangkan, iman menurut istilah syariat, maksutnya mengakui dengan lisan (perkataan), membenarkan (tashdiiq) dengan hati dan mengamalkannya dengan anggota tubuh.
  • Adapun rukun Iman itu sendiri terdiri atas 6 rukun antara lain:
-Iman kepada Allah
-Iman kepada para malaikat
-Iman kepada kitab-kitab Allah
-Iman kepada Nabi dan rasul
-Iman kepada hari akhir(Kiamat)
-Iman kepada Qodo’ dan Qodar
  • Makna Rukun Islam:
Dalam ajaran islam, bayi yang baru lahir telah di islamkan oleh Allah semenjak ia akan dilahirkan di Dunia. Walaupun demikian, banyak agama yang punya ajaran tersendiri, begitu juga dengan Islam.

Dalam agama islam, terdapat lima pilar yang menciri khaskan seorang muslim. Pilar ini disebut sebagai Rukun islam. Rukun Islam inilah yang menjadi pedoman umum seroang muslim dalam beribadah kepada Allah.
  • Adapun Rukun Islam itu sendri, antara lain:
-Syahadat (Pengakuan bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah, selain Allah swt)
-Mendirikan shalat.
-Menunaikan zakat.
-Puasa pada bulan Ramadhan dan
-Haji ke Baitullah Al-Haram.

B: Makna Sholat Berjamaah

Didalam hadits dikatakan bahwa pahala shalat berjamaah adalah 27 kali dibandingkan dengan shalat sendiri. Shalat berjamaah berarti berkelompok dengan panduan seorang imam. Apa yang dilakukan imam akan diikuti oleh makmumnya, kecuali imam salah. Semua makmum harus berbaris dengan shaf yang teratur dan lurus.

C:  Makna berpuasa

Secara harfiah Puasa dalam islam didefinisikan untuk menjauhkan diri “sepenuhnya” dari makanan, minuman, hubungan intim dan merokok, mulai dari dari fajar sampai matahari terbenam, selama seluruh bulan Ramadhan, bulan kesembilan dalam tahun Islam.
  • Macam-Macam Puasa:
Puasa wajib
Puasa Wajib yaitu buasa yang dilakukan pada bulan kesembilan dalam kalender islam, yaitu bulan ramadhan, dilakukan selama satu bulan penuh dan diakhiri deangan salat idul fitri.

Puasa sunnah
Ada kalanya dianjurkan untuk melakukan puasa sunah, sepeti Tradisi Nabi Muhammad saw. Di antara waktu:
Setiap hari Senin dan Kamis dari seminggu
Hari ke-13, 14, dan 15 setiap bulan lunar
Enam hari di bulan Syawal (bulan setelah Ramadhan)
Hari Arafat (tanggal 9 Dzulhijjah di (Hijriah) Islam kalender)
Hari Ashuraa (10 Muharram dalam (Hijriah) Islam kalender), dengan satu hari lagi puasa sebelum atau setelahnya.

Puasa kafarat
Yakni bayaran yang diberikan karena tidak mampu memberikan apa yang seharusnya dari hukum yang dilanggar dikarenakan lalai menjalankan kewajiban.

D: Tata cara merawat atau mengurus jenazah

Pengurus jenazah hendaknya adalah orang yang lebih mengetahui sunnahnya dengan tingkatan sebagai berikut:
  1. Jenazah laki-laki diurusi oleh orang yang telah ditunjuk oleh si mayit sendiri sebelum wafatnya (berdasarkan wasiatnya). Kemudian Bapaknya, lalu anak laki-lakinya, kemudian keluarga terdekat si mayit
  2. Jenazah wanita diurusi oleh orang yang telah ditunjuk oleh si mayit sendiri sebelum wafatnya (berdasarkan wasiatnya). Kemudian Ibunya, kemudian anak wanitanya, kemudian keluarga terdekat si mayit
  3. Suami diperbolehkan mengurusi jenazah istrinya, begitu pula sebaliknya
  4. Adapun jenazah anak yang belum baligh dapat diurusi oleh kaum laki-laki atau perempuan karena tidak ada batasan aurat bagi mereka
  5. Apabila seorang lelaki wafat di antara kaum wanita (tanpa ada seorang lelaki muslim pun bersama mereka dan tanpa ada istrinya atau ibunya) demikian pula sebaliknya maka cukup ditayamumkan saja

E: Doa Ijab Qobul Zakat

Doa berikut ini dibaca pada saat kita akan mengeluarkan / membayar zakat fitrah.
Bacaan Doa Zakat Fitrah:
“Nawaitu ‘an ukhrija zakaatal fithri ‘an nafsii fardhal lillaahi ta’aalaa”
Arti Doa Zakat Fitrah:
“Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta’ala”

F: Hadits Dan PenjelasanNya

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ (Innamal A’maluhu Binniyat)
إِنَّمَا adalah adatul-Hashr (untuk membatasi), yakni menetapkan sesuatu yang disebut setelahnya dan menafikan sesuatu yang tidak disebut. Dengan demikian, hadits ini menunjukkan bahwa tidak ada amal perbuatan yang sah atau sempurna hukumnya kecuali berdasarkan niat.
بِالنِّيَّاتِ : Huruf ba’ menunjukkan arti mushahabah (menyertai) dan ada juga yang mengartikan sababiyah (menunjukkan sebab). Niyyaat adalah bentuk jama’ dari kata niyat. Secara etimologi bermakna ‘kehendak’ dan secara terminologi bermakna ‘kehendak yang dibarengi dengan perbuatan nyata’.

Katolik:

  • Tahu Dan Paham Makna dan arti gereja Katolik
  • Dapat memimpin doa dan membangun serta membuat gerakan cinta kasih pada keberagaman agama diluar gereja katolik
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
  1. Kata Katolik berasal dari kata sifat bahasa Yunani, καθολικός (katholikos), artinya “universal”. Dalam konteks eklesiologi Kristen, kata Katolik memiliki sejarah yang kaya sekaligus beberapa makna. Bagi sebagian pihak, istilah “Gereja Katolik” bermakna Gereja yang berada dalam persekutuan penuh dengan Uskup Roma, terdiri atas Ritus Latin dan Gereja Katolik Timur; makna inilah yang umum dipahami di banyak negara. Bagi umat Protestan, “Gereja Katolik” atau yang sering diterjemahkan menjadi “Gereja Am” bermakna segenap orang yang percaya kepada Yesus Kristus di seluruh dunia dan sepanjang masa, tanpa memandang “denominasi”.
  2. “Individualis Penegak Bantara” contohnya memimpin doa dalam kegiatan diskusi, hajatan, kondangan, dll yang melibatkan tidak hanya satu agama saja

Protestan:

  • Mendalami hukum kasih dan mengenalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
  • Dapat melaksanakan hukum kasih  
  • Selalu mengikuti kebaktian dan aktifitas di gerejanya 
  • Memimpin do’a dalam pertemuan penegak 
  • Menolong orang lain tanpa pembedaan 
  • Mengikuti aktifitas kemanusiaan 
  • Membantu pelayanan sekolah minggu di gerejanya

Agama Hindu

  • Dapat menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia  

  • Dapat menjelaskan  makna dan hakikat  dari tujuan melaksanakan persembahyangan sehari-hari dan hari besar keagamaan Hindu  
  • Dapat menjelaskan maksud dan tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu 
  • Dapat menjelaskan makna dan hakekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam 
  • lingkungan 
  • Dapat mempraktikkan bentuk gerakan Asanas dari Hatta Yoga 
  • Dapat melafalkan dan mengkidungkan  salah satu bentuk Dharma Gita 
  • Dapat mendeskripsikan  struktur , fungsi dan sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan

Jawaban 
Pencapaian Pengisian SKU
:
  • Pengisian  melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya.

Agama Budha

  • Saddha - Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama  
  • Merumuskan dasar-dasar keyakinan dan cara mengembangkannya  
  • Menjelaskan sejarah Buddha Gotama  
  • Menjelaskan Tiratana sebagai pelindung 
  • Menjelaskan kisah-kisah sejarah penulisan kitab suci tripitaka

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
  • Pengisian  melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya.


(2) Berani menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman   

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
    • Berani mengemukakan saran dengan sopan dan santun, tanpa menyinggung teman 
    • Dapat mengungkapkan alasan 
    • Dapat memilih kata-kata yang tidak menyinggung temannya 
    • Tahu waktu yang tepat untuk menyampaikan kritikan 
    • Dapat  membaca perasaan teman
Jika teman melanggar aturan adat berani untuk senantiasa mengingatkan dan memberikan saran tanpa harus menyinggung perasaan (dibuktikan dengan pernyataan temennya yang diingatkan, dan memberikan contoh apa kritik atau saran yang pernah si sampaikan)

(3) Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
  • Memahami Tata tertib berdiskusi 
  • Turut aktif dalam suatu proses diskusi 
    misalnya paham dan dapat mencerna dan memahami minimal salah satu kegiatan diskusi berikut
  1. Dalam diskusi sangga kerja
  2. Dalam diskusi rapat rutin Dewan Ambalan
  3. Dalam diskusi rapat rutin Dewan Kehormatan
  4. Dalam Mustegak atau Musyam atau Mugus

(4) Dapat saling menghormati dan toleransi dalam bakti antar umat beragama

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
  • Selalu mengingatkan anggota lain untuk menunaikan kewajiban agamanya 
  • Tahu cara bersikap ketika oranglain melakukan kewajiban agamanya 
Dapat menyebutkan contoh sikap saling menghormati dalam bertoleransi antar umat beragama
Sedangkan kerukunan umat beragama yaitu hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.

(5) Mengikuti pertemuan ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:

Selain kegiatan latihan rutin minimal 2 kali mengikuti kegiatan lain yang menjadi agenda dalam ambalan dalam sebulan (misalnya rapat rutin, olahraga rutin dll)

(6) Setia membayar iuran kepada gugus depan, dengan uang yang diperoleh dari usaha sendiri

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:

Dalam jadwal yang sudah ditentukan oleh ambalan kapan harus membayar iuran, misalnya pada saat latihan rutin, rapat rutin atau pertemuan rutin lainnyadengna waktu yang sudah disepakati misalnya seminggu sekali dibuktikan dengan keterangan dari pengurus bendahara/juru uang ambalannya

(7) Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
  • Dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari, baik dengan temennya, atau oranglain.

(8) Telah membantu mengelola kegiatan di ambalan.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU: 
  • Aktif dan terlibat dalam Sangga Kerja kegiatan ambalan
Contoh kegiatan ambalan itu seperti Hiking, Outbond, ataupun perkemahan atau kegiatan rutin tahunan yang dijadwalkan dalam mustegak ambalan

(9) Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU
  • Minimal 2 kali mengikuti kegiatan kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya, atau tempat ibadah

(10) Dapat menampilkan kesenian daerah didepan umum minimal satu kali.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU: 
  • Secara Perorangan maupun bersama teman-temannya menampilkan salah satu kesenian daerah. 
Contohnya seperti Tarian, Nyanyian, ataupun pentas drama daerah, baik disekolah atau tempat ibadah, desa tempat tinggalnya atau lainnya

(11) Mengenal, mengerti dan memahami isi AD dan ART Gerakan Pramuka


Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:

  • Dapat menyebutkan nomor surat keputusan Presiden tentang AD Gerakan pramuka  
  • Dapat menyebutkan Nomor surat keputusan Ketua Kwarnas tentang ART Gerakan Pramuka  
  • Dapat menyebutkan pasal-pasal pokok tentang tujuan, tugas pokok, prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan
Bahwa Surat Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-58/M.Sesneg/D-1/ HK.03.01/2019 tertanggal 21 Januari 2019., menyatakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka tidak perlu disahkan dengan Peraturan Presiden namun sudah cukup ditetapkan oleh Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka sebagaimana diatur dalam Pasal 34 Ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

         Keputusan Musyawarah Nasional X Gerakan Pramuka Tahun 2018 Nomor: 07/Munas/2018
  • Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2009 Tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
  • Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 tahun 2009 Tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
  • TUJUAN ada di ANGGARAN DASAR : (Pasal 3) dan (Pasal 6)
  • TUGAS POKOK ada di ANGGARAN DASAR : (Pasal 4) dan (Pasal 7)
  • PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN ada di ANGGARAN DASAR : (Pasal 9) dan (Pasal 11)
  • METODE KEPRAMUKAAN ada di ANGGARAN DASAR : (Pasal 10) dan (Pasal 12)
BACA: 

(12) Dapat menjelaskan sejarah kepramukaan Indonesia dan Dunia


Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:

  • Dapat menyebutkan pendiri kepramukaan dunia, sejarah pramuka dunia dan buku-buku yang dihasilkan oleh Baden Powell 
  • Dapat menceritakan masuknya kepramukaan ke Indonesia 
  • Dapat menceritakan perkembangan kepramukaan di Indonesia sampai saat ini. 

  • Sejarah kepramukaan dunia diawali dengan sebuah gerakan yang dipelopori oleh seseorang yang bernama Robert Stephenson Smyth.Beliau lahir tanggal 22 Februari1857, anak dari Baden Powell seorang Professor Geometry di Universitas Oxford. Namun Baden Powell meninggal ketika Stephenson masih kecil.Robert Stephenson Smyth kemudian lebih dikenal dengan nama Baden Powell.
  • Buku-buku yang dikarang oleh Baden Powell bisa dilihat di link ini
  • Gerakan Pramuka di Indonesia diawali dengan didirikannya gerakan Kepanduan penjajah Belanda di Indonesia yang bernama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda). Pada saat yang sama, para pejuang kemerdekaan Indonesia ikut mendirikan gerakan kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan Nasional. Kemudian muncul bermacam-macam organisasi Kepanduan,antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie), JJP (Jong Java Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvinders), HW (Hisbul Wathon) dan lain-lain.

(13) Dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan.


Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
  • Dalam suatu pengembaraan Pembina dapat memberikan tugas berupa : 
    • Memperkirakan  waktu tanpa melihat jam 
    • Menjelaskan bagian-bagian dari kompas, azimuth dan back azimuth, resection dan intersection 
    • Membaca dan membuat tanda jejak dan tanda alam serta membuat peta perjalanannya. 
  • Memperkirakan waktu tanpa melihat jam
    • Melihat sudut naik matahari bersinar 
    • Mendengarkan adzan dari masjid, langgar, mushola
    • Memperhatikan pergerakan hewan
  • Cara Mempergunakan Kompas :
    • Letakkan Kompas di atas permukaan yang datar, setelah jarum Kompas tidak bergerak maka jarum tersebut dan menunjukkan ARAH UTARA MAGNET
    • Bidik sasaran melalui Visir, melalui celah pada, kaca pembesar, setelah itu miringkan kaca pembesar kira – kira bersudut 50o dengan kaca dial.
            Kaca pembesar tersebut berfungsi sebagai :
                a. Membidik ke arah Visir, membidik sasaran.
                b. Mengintai derajat Kompas pada Dial.

    • Apabila Visir diragukan karena kurang jelas terlihat dari kaca pembesar, luruskan garis yang terdapat pada tutup Dial ke arah Visir, searah dengan sasaran bidik agar mudah terlihat melalui kaca pembesar
    • Apabila sasaran bidik 30o maka bidiklah ke arah 30o. Sebelum menuju sasaran, tetapkan terlebih dahulu Titik sasaran sepanjang jalur 30o. Carilah sebuah benda yang menonjol / tinggi diantara benda lain disekitarnya, sebab route ke 30o tidak selalu datar atau kering, kadang-kadang berbencah-bencah. Ditempat itu kita Melambung ( keluar dari route ) dengan tidak kehilangan jalur menuju 30o.
    • Sebelum bergerak ke arah sasaran bidik, perlu ditetapkan terlebih dahulu Sasaran Balik ( Back Azimuth atau Back Reading ) agar kita dapat kembali kepangkalan apabila tersesat dalam perjalanan.

Peta perjalanannya

(14) Dapat menjelaskan bentuk pengalaman pancasila dalam kehidupan sehari


Jawaban Pencapaian Pengisian SKU: 

  • Dapat menyebutkan butir-butir Pancasila dan menyampaikan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh:
  • Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
  • Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia

(15) Dapat menjelaskan tentang organisasi ASEAN dan PBB

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:

  • Dapat menjelaskan kepengurusan ASEAN, Nama sekretaris jenderal ASEAN, alamat secretariat ASEAN serta organisasi-organisasi di bawah ASEAN 
  • Dapat menjelaskan kepengurusan PBB, Nama sekretaris jenderal PBB, alamat secretariat PBB serta organisasi-organisasi di bawah PBB.
  • Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan diBangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina,Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November.
  • Nama sekretaris jedral ASEAN disini
  • Alamat Sekretarian ASEAN disini
  • Organisasi-organisasi di bawah ASEAN disini
  • ASEAN
  • Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negaradi dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, keamanan internasional, pengembangan ekonomi, perlindungan sosial, hak asasi dan pencapaian perdamaian dunia. Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama – dihadiri wakil dari 51 negara – baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.
  • PBB secara lengkap disini

(16) Dapat menjalaskan tentang kewirausahaan

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU: 
  • Menjelaskan dan telah melakukan salah satu kegiatan kewirausahaan.
Pengertian kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah perilaku dinamis yang berani mengambil risiko serta kreatif dan berkembang. Sedangkan, pengertian wirausaha (entrepreneur) adalah seseorang yang tangguh melakukan sesuatu.

(17) Dapat mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bermanfaat.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU: 
  • Dapat menjelaskan prosesnya serta menunjukan hasil daur ulang.
Contoh:
 Daur ulang botol bekas dan botol plastik untuk dekorasi

(18) Dapat menerapkan pengetahuan tentang tali-temali pionering dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:

(19) Selalu berolahraga, mampu melakukan olah raga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olah raga tim.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
  • Minimal 1 minggu sekali melakukan olahraga secara teratur. 
  • Melakukan gerakan renang gaya bebas dengan benar. 
  • Dapat menjelaskan peraturan permainan satu cabang olahraga tim.

(20) Dapat menjelaskan perkembangan fisik laki laki dan perempuan.


Jawaban Pencapaian Pengisian SKU: 
  • Laki laki:
    • Jakun mulai tumbuh
    • Dada tampak lebih berbidang
    • Tumbuh rambut di daerah ketiak dan kemaluan
    • Suara menjadi lebih berat dan besar
    • Mulai mengalami mimpi basah
    • Pembuangan minyak lambat, mulai tumbuh jerawat
    • Hormon seks makin matang menghasilkan organ seks laki-laki
    • Bahunya melebar dan otot-otot beris
  • Perempuan
    • Payudara mulai tumbuh besar
    • Pinggul mulai melebar
    • Tumbuh rambut di daerah ketiak dan kemaluan
    • Datangnya haid atau menstruasi setiap bulan
    • Bentuk tubuh membulat
    • Pertumbuhan tinggi badan berhenti
    • Usia 13 tahun rata-rata gadis mengalami haid pertama

(21) dapat memimpin baris-berbaris dan menjelaskan peraturannya kepada anggota sangganya.


Jawaban Pencapaian Pengisian SKU: 
  • Dapat menjelaskan 15 gerakan baris-berbaris di depan anggota sangganya. 
  • Dapat memimpin baris berbaris.
Peraturan Baris Berbaris yang digunakan di lingkungan Pramuka ada dua macam yakni Baris berbaris menggunakan tongkat dan tanpa tongkat. Untuk baris berbaris menggunakan tongkat memiliki tata cara tersendiri di lingkungan Pramuka. Adapun baris berbaris tanpa menggunakan tongkat mengikuti tata cara yang telah diatur dalam Peraturan Baris Berbaris milik TNI/POLRI.


(22) Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU: 
  • Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit infeksi dan penyebabnya 
  • Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit degeneratif dan penyebabnya 
  • Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit yang disebabkan prilaku tidak sehat.
  • Penyakit infeksi :
    • Penyebab penyakit adalah bakteri (jasad renik dan kuman)
    • TBC : ditularkan memalui udara
    • Tetanus : melalui luka yang kotor
    • Mencret : lalat, air dan jari yang kotor
    • Pneumonia : lewat batuk (udara)
  • Penyakit Degeneratif
    • Diabetes melitus, 
    • stroke, 
    • jantung koroner, 
    • kardiovaskular, 
    • obesitas, 
    • dislipidemia, 
    • hipertensi, 
    • penyakit jantung, 
    • asam urat  dan sebagainya.
  • Perilaku tidak sehat
    • Stres berlebihan: menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan memacu resiko penyakit jantung.
    • Minum Alkohol: serangan jantung, kangker hati, kanker tenggorokan, dan kanker payudara.
    • Kanker karena merokok

(23) Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut-turut.

Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
seperti: PTA, PPDA, PCP, Perkemahan Pelantikan Bantara - Laksana atau yang lainnya.






SKU Penegak Bantara (Panduan materi & Kisi-kisi)
  1. Para Pembina harus berupaya semaksimal mungkin agar para peserta didiknya mampu mencapai  Penegak Bantara, dengan panduan dan kisi-kisi meteri di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai  acuan  penyelenggaraan ujian SKU Bantara.
  2. Proses ujian yang menarik, menyenangkan, memberdayakan kemampuan personal, mengembangkan kreatifitas serta memperhatikan secara mendalam karakter dan perbedaan individual (individual defferences) merupakan kunci sukses didalam mengantarkan para Penegak untuk meraih SKU sebagaimana ketetapan yang berlaku.

 
Area Pengembangan
Standard Kompetensi

Butir SKU

Pencapaian SKU
Kompetensi Akhir
Komptensi Dasar



SPIRITUAL



Taat Beriba-dah,Menga- malkan ajaran
agaMa     dan
kepercayaan
yang
diyakininya,
serta
menghormati
agama     dan
kepercayaan orang lain.                               



Mampu    
mempersiapkan  dan melaksa-
nakan kegiatan-kegiatan yang bernilai spiritual.               

Mampu
melaksanakan
ibadah sehari-hari sesuai dengan
keyakinannya.
               

1.a. Agama Islam
1)        Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam.
2)        Mampu menjelaskan makna Sholat berjamaah dan dapat mendirikan Sholat sunah secara individu
3)        Mampu menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam Puasa.
4)        Tahu tata cara merawat atau mengurus jenazah (Tajhizul Jenazah)
5)        Dapat membaca doa Ijab Qobul Zakat
6)        Dapat menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut.
1)        Dapat menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam
2)        Dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam Rukun Iman
3)        Dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam Rukun Islam
4)        Dapat menjelaskan keutamaan sholat berjamaah.
5)         Setiap Saat melakukan Sholat Wajib dan dilanjutkan dengan Sholat Sunah,
6)        Menyebutkan minimal 5 jenis sholat sunah dan tata caranya
7)        Dapat menjelaskan hikmah puasa
8)        Dapat menjelaskan jenis-jenis puasa (puasa wajib dan puasa sunah)
9)        Dapat menjelaskan syarat wajib puasa
10)     Dapat menjelaskan syarat sah puasa
11)     Dapat menjelaskan rukun puasa
12)     Dapat menyebutkan HukumMerawat Jenazah
13)     Dapat menyebutkan Tazhijul Jenazah (Tata Cara Merawat Jenazah)
14)     Dapat menyebutkan Doa Ijab Qabul Zakat Fitrah
15)     Dapat menyebutkan dan menjelaskan sebuah hadist.

1.b. Agama Katholik
1)         Tahu dan paham makna dan arti Gereja Katolik
2)         Dapat memimpin doa dan membangun serta membuat gerakan cinta kasih pada keberagaman agama di luar Gereja Katolik

Pengisian/ujian dapat  melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya










1.c. Agama Protestan

Mendalami Hukum
Kasih dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari


1)    Dapat melaksanakan hukum kasih
2)    Selalu mengikuti kebaktian dan aktifitas di gerejanya
3)    Memimpin do’a dalam pertemuan penegak
4)    Menolong orang lain tanpa pembedaan
5)    Mengikuti aktifitas kemanusiaan
6)    Membantu pelayanan sekolah minggu di gerejanya.
1.d. Agama Hindu

1)     Dapat menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia.
2)     Dapat menjelaskan makna dan hakikat dari tujuan melaksanakan persembahyangan sehari-hari dan hari besar keagamaan Hindu.
3)     Dapat menjelaskan maksud dan tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu
4)     Dapat menjelaskan makna dan hakekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan
5)     Dapat mempraktikkan bentuk gerakan Asanas dari Hatta Yoga
6)     Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita
7)     Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi dan sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan.











Pengisian melalui tokoh agama, guru
agama dan orang tuanya
1.e. Agaa Budha
1)    Saddha Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama
2)    Merumuskan dasar-dasar keyakinan dan cara mengembangkan-nya
3)    Menjelaskan sejarah Buddha Gotama
4)    Menjelaskan Tiratanasebagai pelindung
5)    Menjelaskan kisah-kisah sejarah penulisan kitab suci tripitaka





Pengisian melalui tokoh agama, guru
agama dan orang tuanya

EMOSIO-NAL
Mampu Menentukan sikap dan          gaya hidup serta merencanakan
Masa depan                dan
pekerjaannya.               
Mampu    
Berkomunikasi
dengan    orang tua dan teman secara santun.

Mampu
mengendalikan emosi danberfikir
secara logis

Mampu
menyampaikan
pendapat dan
menerima perbedaan
pendapat engan
tidak menyinggung
perasaan orang lain


2. Berani menyampaikan kritik
    dan saran dengan sopan &
     santun kepada sesama teman

1)    Berani mengemukakan saran dengan sopan dan santun, tanpa menyinggung teman
2)    Dapat mengungkapkan alasan
3)    Dapat memilih kata-kata yang tidak menyinggung temannya
4)    Tahu waktu yang tepat untuk menyampaikan kritikan
5)    Dapat membaca perasaan teman
3. Dapat mengikuti jalannya
    diskusi dengan baik
1)    Memahami Tata tertib berdiskusi
2)    Turut aktif dalam suatu proses diskusi

SOSI-AL

Mampu Bekerja sama dalam tim,berkomunikasi
dan                menjaga
kelestarian lingkungan serta
memiliki kepedulian sosial.
                               

Mampu mengenal
Kepribadian orang
Lain dan  tidak
Berprasangka buruk.
Mampu memimpin
Kelompoknya dan
Memberikan
KontribusI terhadap
organisasi sosial lain  Yang dilakukan secaraindividu
maupun kelompok.
4. Dapat saling menghormati
    dan toleransi dalam bakti
    antar umat beragama
1)     Selalu mengingatkan anggota lain untuk menunaikan kewajiban agamanya
2)     Tahu cara bersikap ketika oranglain melakukan kewajiban agamanya
5. Mengikuti pertemuan
     Ambalan sekurang-
     kurangnya 2 kali setiap
     bulan

Mengikuti pertemuan Ambalan
sekurang-kurangnya 2 kali setiap
bulan
               

6. Setia membayar iuran
     kepada gugus depan, dengan uang yang diperoleh dari
     usaha sendiri.
Membayar iuran kepada gugus depan
setiap kali latihan mingguan dengan uang yang diperoleh dari usaha
sendiri

7. Dapat berbahasa Indonesia
    dengan baik dan benar
    dalam pergaulan sehari-har
Selalu menggunakan bahasa
Indonesia dengan baik dan benar
dalam pergaulan sehari-hari
8. Telah membantu mengelola
     kegiatan di Ambalan.  
Aktif dan terlibat dalam Sangga Kerja
kegiatan ambalan.  
9. Telah ikut aktif kerja bakti di     masyarakat minimal 2 kalI
Minimal 2 kali mengikuti kegiatan
kerja bakti di lingkungan tempat
tinggalnya                               
10.Dapat menampilkan
      kesenian daerah di depan
      umum minimal satu kali.
Secara Perorangan maupun bersama
teman-temannya menampilkan salah
satu kesenian daerah                               


INTE-LEK-TUAL


Mampu
menunjukkan
semangat dan daya
kreativitas yang
tinggi dalam
mengaplikasikan
pengetahuan,
teknologi dan
keterampilan
kepramukaan yang
dimilikinya.


Mampumemilih
bidang  pengetahuan
yang diminati untuk menunjangcita-
citanya.

Mampu
Membuat
kesimpulan,kritik
dan saran terhadap
hal  yang  dipelajari.

Mampu berpartisipasi aktif
dalamkegiatan
teknologi tepat guna.

                               
11. Mengenal, mengerti dan
       memahami isi AD & ART
      Gerakan Pramuka
1)     Dapat menyebutkan          nomor keputusan Presiden tentang Gerakan pramuka.
2)     Dapat          menyebutkan  Nomor keputusan          Ketua Kwarnastentang ART Gerakan Pramuka           
3)     Dapat          menyebutkan  pasal-pasal pokok  tentang  tujuan,  tugas  pokok, prinsip          dasar kepramukaanmetode kepramukaan.
12. Dapat menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia dan dUNIA
1)     Dapat          menyebutkan  pendiri Kepramukaan dunia,          sejarah Pramuka  dunia  dan  buku-buku  yang dihasilkan          oleh          Baden Powell.                        

2)     Dapat          menceritakan masuknya kepramukaan ke Indonesia.
3)     Dapat menceritakan perkembangan kepramukaan Indonesia sampai saat ini                        
13. Dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan  tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan.

Dalam suatu pengembaraan Pembina
dapat memberikan tugas berupa :        

1)    Memperkirakan         waktu tanpamelihat jam                        
2)    Menjelaskan bagian-Nagian dari kompas,azimuth dan back azimuth,resection           dan intersection       
3)    Membaca  dan  membuat  tanda jejak   dan   tanda   alam   serta membuat peta perjalanannya  
14. Dapat menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Dapat       menyebutkan butir-butir
Pancasila dan menyampaikan contoh-
contohnya  dalam  kehidupan  sehari-
hari                                                                         
15. Dapat menjelaskan tentang organisasi ASEAN dan PBB.
1)     Dapat menjelaskan ASEAN, Nama sekretaris jenderal            ASEAN, alamat secretariat jenderal ASEAN serta organisasi di bawah ASEAN
2)     Dapat          menjelaskan PBB, Nama sekjen PBB, alamat secretariat PBB serta organisasi-organisasi   di   bawah PBB.     
16. Dapat menjelaskan tentang Kewirausahaan
Menjelaskan                dan                telah melakukan salah satu kegiatan Kewirausahaan.
               
17. Dapat mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bermanfaat
Dapat       menjelaskan                prosesnya serta  menunjukan hasil daur ulang              
18. Dapat menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam kehidupan sehari-hari.
dapat                menggunakan              simpul dan
ikatan dalam kehidupan sehari-hari
                                                               
FISIK

mampu  melindungi
kesehatan dan dapat menerimakondisi
fisiknya,   
memanfaatkannya
serta        memiliki
sportifitas dan
kesadaran hidup sehat

Mampu menjaga
Kebugaran tubuhnya
agar tetap sehat dan primaserta
memanfaatkan
kemampuan
fisiknya.

Mampu
Menjelaskan perbedaan perkembangan fisik danpsikologis
Antara lelakidan
perempuan.               
19. Selalu berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olahraga tim.
1)    Minimal 1 minggu sekali melakukan olahraga secara teratur.
2)    Melakukan gerakan renang gaya bebas dengan benar.
3)    Dapat menjelaskan peraturan permainan satu cabang olahrag  tim         
20. Dapat menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan       
Dapat menjelaskan di depan
Ambalannya tentang perkembangan
fisik dan psikis laki-laki dan
perempuan
21. Dapat memimpin baris berbaris dan menjelaskanperaturannya kepada anggota sangganya.

1)     Dapat menjelaskan 15 gerakan baris-berbaris di depan anggota sangganya.
2)     Dapat memimpin baris berbaris
22. Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilakutidak sehat.
1)     Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit infeksi dan penyebabnya
2)     Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit degeneratif dan penyebabnya
3)     Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit yang disebabkan prilaku tidak sehat
23. Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut – turut
Aktif dalam mengikuti kegiatan
perkemahan selama 3 hari berturut-
turut


    Sumber :
    Lampiran III : Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka  No. 199 Tahun 2011
    Tentang Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Penegak


    #Pramuka #Bantara #SKU_Bantara #Jawaban_SKU_Bantara #Pencapaian_SKU_Bantara #Penempuhan_SKU_Bantara #SKU_Penegak_Bantara #SKU_Penegak #Penegak #Pramuka_Penegak

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Bagi para pengunjung diharapkan kesediaannya untuk meluangkan sedikit waktu menulis komentar disini...
    Komentar anda sangat bermanfaat bagi terus berjalannya blog ini dan postingan selanjutnya....
    Anda yang bukan termasuk pengguna yang sudah terdaftar, pengguna dengan akun google ataupun anggota dari blog ini boleh berkomentar disini (dengan cara pilih: Name/URL pada label "Beri komentar sebagai" dibawah Masukkan komentar Anda)

    Anda juga boleh requez apapun yang berrhubungan dengan IT dan hobby.. thank's...