JAWABAN PENCAPAIAN PENEMPUHAN SYARAT-SYARAT KECAKAPAN UMUM PENEGAK BANTARA
(1) Agama:
Islam:
- Dapat menjelaskan makna rukun iman dan rukun islam.
- Mampu menjelaskan makna sholat berjamaah dan dapat mendirikan sholat sunah secara individu.
- Mampu menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam Puasa.
- Tahu tata cara merawat atau mengurus jenazah (Tajhizul Jenazah)
- Dapat membaca doa ijab qobul zakat.
- Dapat menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
A: Makna Rukun Iman:
Iman menurut bahasa berarti membenarkan. Sedangkan, iman menurut istilah syariat, maksutnya mengakui dengan lisan (perkataan), membenarkan (tashdiiq) dengan hati dan mengamalkannya dengan anggota tubuh.
- Adapun rukun Iman itu sendiri terdiri atas 6 rukun antara lain:
-Iman kepada Allah
-Iman kepada para malaikat
-Iman kepada kitab-kitab Allah
-Iman kepada Nabi dan rasul
-Iman kepada hari akhir(Kiamat)
-Iman kepada Qodo’ dan Qodar
-Iman kepada para malaikat
-Iman kepada kitab-kitab Allah
-Iman kepada Nabi dan rasul
-Iman kepada hari akhir(Kiamat)
-Iman kepada Qodo’ dan Qodar
- Makna Rukun Islam:
Dalam ajaran islam, bayi yang baru lahir telah di islamkan oleh Allah semenjak ia akan dilahirkan di Dunia. Walaupun demikian, banyak agama yang punya ajaran tersendiri, begitu juga dengan Islam.
Dalam agama islam, terdapat lima pilar yang menciri khaskan seorang muslim. Pilar ini disebut sebagai Rukun islam. Rukun Islam inilah yang menjadi pedoman umum seroang muslim dalam beribadah kepada Allah.
- Adapun Rukun Islam itu sendri, antara lain:
-Syahadat (Pengakuan bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah, selain Allah swt)
-Mendirikan shalat.
-Menunaikan zakat.
-Puasa pada bulan Ramadhan dan
-Haji ke Baitullah Al-Haram.
B: Makna Sholat Berjamaah
Didalam hadits dikatakan bahwa pahala shalat berjamaah adalah 27 kali dibandingkan dengan shalat sendiri. Shalat berjamaah berarti berkelompok dengan panduan seorang imam. Apa yang dilakukan imam akan diikuti oleh makmumnya, kecuali imam salah. Semua makmum harus berbaris dengan shaf yang teratur dan lurus.
C: Makna berpuasa
Secara harfiah Puasa dalam islam didefinisikan untuk menjauhkan diri “sepenuhnya” dari makanan, minuman, hubungan intim dan merokok, mulai dari dari fajar sampai matahari terbenam, selama seluruh bulan Ramadhan, bulan kesembilan dalam tahun Islam.
- Macam-Macam Puasa:
Puasa wajib
Puasa Wajib yaitu buasa yang dilakukan pada bulan kesembilan dalam kalender islam, yaitu bulan ramadhan, dilakukan selama satu bulan penuh dan diakhiri deangan salat idul fitri.
Puasa sunnah
Ada kalanya dianjurkan untuk melakukan puasa sunah, sepeti Tradisi Nabi Muhammad saw. Di antara waktu:
Setiap hari Senin dan Kamis dari seminggu
Hari ke-13, 14, dan 15 setiap bulan lunar
Enam hari di bulan Syawal (bulan setelah Ramadhan)
Hari Arafat (tanggal 9 Dzulhijjah di (Hijriah) Islam kalender)
Hari Ashuraa (10 Muharram dalam (Hijriah) Islam kalender), dengan satu hari lagi puasa sebelum atau setelahnya.
Puasa kafarat
Yakni bayaran yang diberikan karena tidak mampu memberikan apa yang seharusnya dari hukum yang dilanggar dikarenakan lalai menjalankan kewajiban.
D: Tata cara merawat atau mengurus jenazah
Pengurus jenazah hendaknya adalah orang yang lebih mengetahui sunnahnya dengan tingkatan sebagai berikut:
- Jenazah laki-laki diurusi oleh orang yang telah ditunjuk oleh si mayit sendiri sebelum wafatnya (berdasarkan wasiatnya). Kemudian Bapaknya, lalu anak laki-lakinya, kemudian keluarga terdekat si mayit
- Jenazah wanita diurusi oleh orang yang telah ditunjuk oleh si mayit sendiri sebelum wafatnya (berdasarkan wasiatnya). Kemudian Ibunya, kemudian anak wanitanya, kemudian keluarga terdekat si mayit
- Suami diperbolehkan mengurusi jenazah istrinya, begitu pula sebaliknya
- Adapun jenazah anak yang belum baligh dapat diurusi oleh kaum laki-laki atau perempuan karena tidak ada batasan aurat bagi mereka
- Apabila seorang lelaki wafat di antara kaum wanita (tanpa ada seorang lelaki muslim pun bersama mereka dan tanpa ada istrinya atau ibunya) demikian pula sebaliknya maka cukup ditayamumkan saja
E: Doa Ijab Qobul Zakat
Doa berikut ini dibaca pada saat kita akan mengeluarkan / membayar zakat fitrah.
Bacaan Doa Zakat Fitrah:
“Nawaitu ‘an ukhrija zakaatal fithri ‘an nafsii fardhal lillaahi ta’aalaa”
Arti Doa Zakat Fitrah:
“Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta’ala”
F: Hadits Dan PenjelasanNya
إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ (Innamal A’maluhu Binniyat)
إِنَّمَا adalah adatul-Hashr (untuk membatasi), yakni menetapkan sesuatu yang disebut setelahnya dan menafikan sesuatu yang tidak disebut. Dengan demikian, hadits ini menunjukkan bahwa tidak ada amal perbuatan yang sah atau sempurna hukumnya kecuali berdasarkan niat.
بِالنِّيَّاتِ : Huruf ba’ menunjukkan arti mushahabah (menyertai) dan ada juga yang mengartikan sababiyah (menunjukkan sebab). Niyyaat adalah bentuk jama’ dari kata niyat. Secara etimologi bermakna ‘kehendak’ dan secara terminologi bermakna ‘kehendak yang dibarengi dengan perbuatan nyata’.
Katolik:
- Tahu Dan Paham Makna dan arti gereja Katolik
- Dapat memimpin doa dan membangun serta membuat gerakan cinta kasih pada keberagaman agama diluar gereja katolik
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Kata Katolik berasal dari kata sifat bahasa Yunani, καθολικός (katholikos), artinya “universal”. Dalam konteks eklesiologi Kristen, kata Katolik memiliki sejarah yang kaya sekaligus beberapa makna. Bagi sebagian pihak, istilah “Gereja Katolik” bermakna Gereja yang berada dalam persekutuan penuh dengan Uskup Roma, terdiri atas Ritus Latin dan Gereja Katolik Timur; makna inilah yang umum dipahami di banyak negara. Bagi umat Protestan, “Gereja Katolik” atau yang sering diterjemahkan menjadi “Gereja Am” bermakna segenap orang yang percaya kepada Yesus Kristus di seluruh dunia dan sepanjang masa, tanpa memandang “denominasi”.
- “Individualis Penegak Bantara” contohnya memimpin doa dalam kegiatan diskusi, hajatan, kondangan, dll yang melibatkan tidak hanya satu agama saja
Protestan:
- Mendalami hukum kasih dan mengenalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat melaksanakan hukum kasih
- Selalu mengikuti kebaktian dan aktifitas di gerejanya
- Memimpin do’a dalam pertemuan penegak
- Menolong orang lain tanpa pembedaan
- Mengikuti aktifitas kemanusiaan
- Membantu pelayanan sekolah minggu di gerejanya
Agama Hindu
- Dapat menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia
- Dapat menjelaskan makna dan hakikat dari tujuan melaksanakan persembahyangan sehari-hari dan hari besar keagamaan Hindu
- Dapat menjelaskan maksud dan tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu
- Dapat menjelaskan makna dan hakekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam
- lingkungan
- Dapat mempraktikkan bentuk gerakan Asanas dari Hatta Yoga
- Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita
- Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi dan sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan
- Pengisian melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya.
Agama Budha
- Saddha - Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama
- Merumuskan dasar-dasar keyakinan dan cara mengembangkannya
- Menjelaskan sejarah Buddha Gotama
- Menjelaskan Tiratana sebagai pelindung
- Menjelaskan kisah-kisah sejarah penulisan kitab suci tripitaka
- Pengisian melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya.
(2) Berani menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Berani mengemukakan saran dengan sopan dan santun, tanpa menyinggung teman
- Dapat mengungkapkan alasan
- Dapat memilih kata-kata yang tidak menyinggung temannya
- Tahu waktu yang tepat untuk menyampaikan kritikan
- Dapat membaca perasaan teman
Jika teman melanggar aturan adat berani untuk senantiasa mengingatkan dan memberikan saran tanpa harus menyinggung perasaan (dibuktikan dengan pernyataan temennya yang diingatkan, dan memberikan contoh apa kritik atau saran yang pernah si sampaikan)
(3) Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Memahami Tata tertib berdiskusi
- Turut aktif dalam suatu proses diskusi
misalnya paham dan dapat mencerna dan memahami minimal salah satu kegiatan diskusi berikut
- Dalam diskusi sangga kerja
- Dalam diskusi rapat rutin Dewan Ambalan
- Dalam diskusi rapat rutin Dewan Kehormatan
- Dalam Mustegak atau Musyam atau Mugus
(4) Dapat saling menghormati dan toleransi dalam bakti antar umat beragama
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Selalu mengingatkan anggota lain untuk menunaikan kewajiban agamanya
- Tahu cara bersikap ketika oranglain melakukan kewajiban agamanya
Dapat menyebutkan contoh sikap saling menghormati dalam bertoleransi antar umat beragama
Sedangkan kerukunan umat beragama yaitu hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.
(5) Mengikuti pertemuan ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
Selain kegiatan latihan rutin minimal 2 kali mengikuti kegiatan lain yang menjadi agenda dalam ambalan dalam sebulan (misalnya rapat rutin, olahraga rutin dll)
(6) Setia membayar iuran kepada gugus depan, dengan uang yang diperoleh dari usaha sendiri
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
Dalam jadwal yang sudah ditentukan oleh ambalan kapan harus membayar iuran, misalnya pada saat latihan rutin, rapat rutin atau pertemuan rutin lainnyadengna waktu yang sudah disepakati misalnya seminggu sekali dibuktikan dengan keterangan dari pengurus bendahara/juru uang ambalannya
(7) Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari, baik dengan temennya, atau oranglain.
(8) Telah membantu mengelola kegiatan di ambalan.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Aktif dan terlibat dalam Sangga Kerja kegiatan ambalan
Contoh kegiatan ambalan itu seperti Hiking, Outbond, ataupun perkemahan atau kegiatan rutin tahunan yang dijadwalkan dalam mustegak ambalan
(9) Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Minimal 2 kali mengikuti kegiatan kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya, atau tempat ibadah
(10) Dapat menampilkan kesenian daerah didepan umum minimal satu kali.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Secara Perorangan maupun bersama teman-temannya menampilkan salah satu kesenian daerah.
Contohnya seperti Tarian, Nyanyian, ataupun pentas drama daerah, baik disekolah atau tempat ibadah, desa tempat tinggalnya atau lainnya
(11) Mengenal, mengerti dan memahami isi AD dan ART Gerakan Pramuka
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan nomor surat keputusan Presiden tentang AD Gerakan pramuka
- Dapat menyebutkan Nomor surat keputusan Ketua Kwarnas tentang ART Gerakan Pramuka
- Dapat menyebutkan pasal-pasal pokok tentang tujuan, tugas pokok, prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan
Bahwa Surat Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-58/M.Sesneg/D-1/ HK.03.01/2019 tertanggal 21 Januari 2019., menyatakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka tidak perlu disahkan dengan Peraturan Presiden namun sudah cukup ditetapkan oleh Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka sebagaimana diatur dalam Pasal 34 Ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.
Keputusan Musyawarah Nasional X Gerakan Pramuka Tahun 2018 Nomor: 07/Munas/2018
- Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2009 Tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
- Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 tahun 2009 Tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
- TUJUAN ada di ANGGARAN DASAR : (Pasal 3) dan (Pasal 6)
- TUGAS POKOK ada di ANGGARAN DASAR : (Pasal 4) dan (Pasal 7)
- PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN ada di ANGGARAN DASAR : (Pasal 9) dan (Pasal 11)
- METODE KEPRAMUKAAN ada di ANGGARAN DASAR : (Pasal 10) dan (Pasal 12)
BACA:
(12) Dapat menjelaskan sejarah kepramukaan Indonesia dan Dunia
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan pendiri kepramukaan dunia, sejarah pramuka dunia dan buku-buku yang dihasilkan oleh Baden Powell
- Dapat menceritakan masuknya kepramukaan ke Indonesia
- Dapat menceritakan perkembangan kepramukaan di Indonesia sampai saat ini.
- Sejarah kepramukaan dunia diawali dengan sebuah gerakan yang dipelopori oleh seseorang yang bernama Robert Stephenson Smyth.Beliau lahir tanggal 22 Februari1857, anak dari Baden Powell seorang Professor Geometry di Universitas Oxford. Namun Baden Powell meninggal ketika Stephenson masih kecil.Robert Stephenson Smyth kemudian lebih dikenal dengan nama Baden Powell.
- Buku-buku yang dikarang oleh Baden Powell bisa dilihat di link ini
- Gerakan Pramuka di Indonesia diawali dengan didirikannya gerakan Kepanduan penjajah Belanda di Indonesia yang bernama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda). Pada saat yang sama, para pejuang kemerdekaan Indonesia ikut mendirikan gerakan kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan Nasional. Kemudian muncul bermacam-macam organisasi Kepanduan,antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie), JJP (Jong Java Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvinders), HW (Hisbul Wathon) dan lain-lain.
(13) Dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dalam suatu pengembaraan Pembina dapat memberikan tugas berupa :
- Memperkirakan waktu tanpa melihat jam
- Menjelaskan bagian-bagian dari kompas, azimuth dan back azimuth, resection dan intersection
- Membaca dan membuat tanda jejak dan tanda alam serta membuat peta perjalanannya.
- Memperkirakan waktu tanpa melihat jam
- Melihat sudut naik matahari bersinar
- Mendengarkan adzan dari masjid, langgar, mushola
- Memperhatikan pergerakan hewan
- Cara Mempergunakan Kompas :
- Letakkan Kompas di atas permukaan yang datar, setelah jarum Kompas tidak bergerak maka jarum tersebut dan menunjukkan ARAH UTARA MAGNET
- Bidik sasaran melalui Visir, melalui celah pada, kaca pembesar, setelah itu miringkan kaca pembesar kira – kira bersudut 50o dengan kaca dial.
Kaca pembesar tersebut berfungsi sebagai :
a. Membidik ke arah Visir, membidik sasaran.
b. Mengintai derajat Kompas pada Dial.
- Apabila Visir diragukan karena kurang jelas terlihat dari kaca pembesar, luruskan garis yang terdapat pada tutup Dial ke arah Visir, searah dengan sasaran bidik agar mudah terlihat melalui kaca pembesar
- Apabila sasaran bidik 30o maka bidiklah ke arah 30o. Sebelum menuju sasaran, tetapkan terlebih dahulu Titik sasaran sepanjang jalur 30o. Carilah sebuah benda yang menonjol / tinggi diantara benda lain disekitarnya, sebab route ke 30o tidak selalu datar atau kering, kadang-kadang berbencah-bencah. Ditempat itu kita Melambung ( keluar dari route ) dengan tidak kehilangan jalur menuju 30o.
- Sebelum bergerak ke arah sasaran bidik, perlu ditetapkan terlebih dahulu Sasaran Balik ( Back Azimuth atau Back Reading ) agar kita dapat kembali kepangkalan apabila tersesat dalam perjalanan.
Peta perjalanannya
(14) Dapat menjelaskan bentuk pengalaman pancasila dalam kehidupan sehari
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan butir-butir Pancasila dan menyampaikan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh:
- Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
- Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
(15) Dapat menjelaskan tentang organisasi ASEAN dan PBB
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menjelaskan kepengurusan ASEAN, Nama sekretaris jenderal ASEAN, alamat secretariat ASEAN serta organisasi-organisasi di bawah ASEAN
- Dapat menjelaskan kepengurusan PBB, Nama sekretaris jenderal PBB, alamat secretariat PBB serta organisasi-organisasi di bawah PBB.
- Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan diBangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina,Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November.
- Nama sekretaris jedral ASEAN disini
- Alamat Sekretarian ASEAN disini
- Organisasi-organisasi di bawah ASEAN disini
- ASEAN
- Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negaradi dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, keamanan internasional, pengembangan ekonomi, perlindungan sosial, hak asasi dan pencapaian perdamaian dunia. Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama – dihadiri wakil dari 51 negara – baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.
- PBB secara lengkap disini
(16) Dapat menjalaskan tentang kewirausahaan
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Menjelaskan dan telah melakukan salah satu kegiatan kewirausahaan.
Pengertian kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah perilaku dinamis yang berani mengambil risiko serta kreatif dan berkembang. Sedangkan, pengertian wirausaha (entrepreneur) adalah seseorang yang tangguh melakukan sesuatu.
(17) Dapat mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bermanfaat.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menjelaskan prosesnya serta menunjukan hasil daur ulang.
Contoh:
Daur ulang botol bekas dan botol plastik untuk dekorasi
(18) Dapat menerapkan pengetahuan tentang tali-temali pionering dalam kehidupan sehari-hari.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menggunakan simpul dan ikatan dalam kehidupan sehari-hari.
BACA: Aneka Simpul
BACA: Jenis-jenis Ikatan
BACA: Pionering
(19) Selalu berolahraga, mampu melakukan olah raga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olah raga tim.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Minimal 1 minggu sekali melakukan olahraga secara teratur.
- Melakukan gerakan renang gaya bebas dengan benar.
- Dapat menjelaskan peraturan permainan satu cabang olahraga tim.
(20) Dapat menjelaskan perkembangan fisik laki laki dan perempuan.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Laki laki:
- Jakun mulai tumbuh
- Dada tampak lebih berbidang
- Tumbuh rambut di daerah ketiak dan kemaluan
- Suara menjadi lebih berat dan besar
- Mulai mengalami mimpi basah
- Pembuangan minyak lambat, mulai tumbuh jerawat
- Hormon seks makin matang menghasilkan organ seks laki-laki
- Bahunya melebar dan otot-otot beris
- Perempuan
- Payudara mulai tumbuh besar
- Pinggul mulai melebar
- Tumbuh rambut di daerah ketiak dan kemaluan
- Datangnya haid atau menstruasi setiap bulan
- Bentuk tubuh membulat
- Pertumbuhan tinggi badan berhenti
- Usia 13 tahun rata-rata gadis mengalami haid pertama
(21) dapat memimpin baris-berbaris dan menjelaskan peraturannya kepada anggota sangganya.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menjelaskan 15 gerakan baris-berbaris di depan anggota sangganya.
- Dapat memimpin baris berbaris.
Peraturan Baris Berbaris yang digunakan di lingkungan Pramuka ada dua macam yakni Baris berbaris menggunakan tongkat dan tanpa tongkat. Untuk baris berbaris menggunakan tongkat memiliki tata cara tersendiri di lingkungan Pramuka. Adapun baris berbaris tanpa menggunakan tongkat mengikuti tata cara yang telah diatur dalam Peraturan Baris Berbaris milik TNI/POLRI.
(22) Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
- Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit infeksi dan penyebabnya
- Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit degeneratif dan penyebabnya
- Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit yang disebabkan prilaku tidak sehat.
- Penyakit infeksi :
- Penyebab penyakit adalah bakteri (jasad renik dan kuman)
- TBC : ditularkan memalui udara
- Tetanus : melalui luka yang kotor
- Mencret : lalat, air dan jari yang kotor
- Pneumonia : lewat batuk (udara)
- Penyakit Degeneratif
- Diabetes melitus,
- stroke,
- jantung koroner,
- kardiovaskular,
- obesitas,
- dislipidemia,
- hipertensi,
- penyakit jantung,
- asam urat dan sebagainya.
- Perilaku tidak sehat
- Stres berlebihan: menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan memacu resiko penyakit jantung.
- Minum Alkohol: serangan jantung, kangker hati, kanker tenggorokan, dan kanker payudara.
- Kanker karena merokok
(23) Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut-turut.
Jawaban Pencapaian Pengisian SKU:
seperti: PTA, PPDA, PCP, Perkemahan Pelantikan Bantara - Laksana atau yang lainnya.
SKU Penegak Bantara (Panduan materi & Kisi-kisi)
- Para Pembina harus berupaya semaksimal mungkin agar para peserta didiknya mampu mencapai Penegak Bantara, dengan panduan dan kisi-kisi meteri di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai acuan penyelenggaraan ujian SKU Bantara.
- Proses ujian yang menarik, menyenangkan, memberdayakan kemampuan personal, mengembangkan kreatifitas serta memperhatikan secara mendalam karakter dan perbedaan individual (individual defferences) merupakan kunci sukses didalam mengantarkan para Penegak untuk meraih SKU sebagaimana ketetapan yang berlaku.
Area Pengembangan | Standard Kompetensi | Butir SKU | Pencapaian SKU | |
Kompetensi Akhir | Komptensi Dasar | |||
SPIRITUAL | Taat Beriba-dah,Menga- malkan ajaran agaMa dan kepercayaan yang diyakininya, serta menghormati agama dan kepercayaan orang lain. | Mampu mempersiapkan dan melaksa- nakan kegiatan-kegiatan yang bernilai spiritual. Mampu melaksanakan ibadah sehari-hari sesuai dengan keyakinannya. | 1.a. Agama Islam 1) Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam. 2) Mampu menjelaskan makna Sholat berjamaah dan dapat mendirikan Sholat sunah secara individu 3) Mampu menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam Puasa. 4) Tahu tata cara merawat atau mengurus jenazah (Tajhizul Jenazah) 5) Dapat membaca doa Ijab Qobul Zakat 6) Dapat menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut. | 1) Dapat menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam 2) Dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam Rukun Iman 3) Dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam Rukun Islam 4) Dapat menjelaskan keutamaan sholat berjamaah. 5) Setiap Saat melakukan Sholat Wajib dan dilanjutkan dengan Sholat Sunah, 6) Menyebutkan minimal 5 jenis sholat sunah dan tata caranya 7) Dapat menjelaskan hikmah puasa 8) Dapat menjelaskan jenis-jenis puasa (puasa wajib dan puasa sunah) 9) Dapat menjelaskan syarat wajib puasa 10) Dapat menjelaskan syarat sah puasa 11) Dapat menjelaskan rukun puasa 12) Dapat menyebutkan HukumMerawat Jenazah 13) Dapat menyebutkan Tazhijul Jenazah (Tata Cara Merawat Jenazah) 14) Dapat menyebutkan Doa Ijab Qabul Zakat Fitrah 15) Dapat menyebutkan dan menjelaskan sebuah hadist. |
1.b. Agama Katholik 1) Tahu dan paham makna dan arti Gereja Katolik 2) Dapat memimpin doa dan membangun serta membuat gerakan cinta kasih pada keberagaman agama di luar Gereja Katolik | Pengisian/ujian dapat melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya | |||
1.c. Agama Protestan Mendalami Hukum Kasih dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari | 1) Dapat melaksanakan hukum kasih 2) Selalu mengikuti kebaktian dan aktifitas di gerejanya 3) Memimpin do’a dalam pertemuan penegak 4) Menolong orang lain tanpa pembedaan 5) Mengikuti aktifitas kemanusiaan 6) Membantu pelayanan sekolah minggu di gerejanya. | |||
1.d. Agama Hindu 1) Dapat menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia. 2) Dapat menjelaskan makna dan hakikat dari tujuan melaksanakan persembahyangan sehari-hari dan hari besar keagamaan Hindu. 3) Dapat menjelaskan maksud dan tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu 4) Dapat menjelaskan makna dan hakekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan 5) Dapat mempraktikkan bentuk gerakan Asanas dari Hatta Yoga 6) Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita 7) Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi dan sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan. | Pengisian melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya | |||
1.e. Agaa Budha 1) Saddha Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama 2) Merumuskan dasar-dasar keyakinan dan cara mengembangkan-nya 3) Menjelaskan sejarah Buddha Gotama 4) Menjelaskan Tiratanasebagai pelindung 5) Menjelaskan kisah-kisah sejarah penulisan kitab suci tripitaka | Pengisian melalui tokoh agama, guru agama dan orang tuanya | |||
EMOSIO-NAL | Mampu Menentukan sikap dan gaya hidup serta merencanakan Masa depan dan pekerjaannya. | Mampu Berkomunikasi dengan orang tua dan teman secara santun. Mampu mengendalikan emosi danberfikir secara logis Mampu menyampaikan pendapat dan menerima perbedaan pendapat engan tidak menyinggung perasaan orang lain | 2. Berani menyampaikan kritik dan saran dengan sopan & santun kepada sesama teman | 1) Berani mengemukakan saran dengan sopan dan santun, tanpa menyinggung teman 2) Dapat mengungkapkan alasan 3) Dapat memilih kata-kata yang tidak menyinggung temannya 4) Tahu waktu yang tepat untuk menyampaikan kritikan 5) Dapat membaca perasaan teman |
3. Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik | 1) Memahami Tata tertib berdiskusi 2) Turut aktif dalam suatu proses diskusi | |||
SOSI-AL | Mampu Bekerja sama dalam tim,berkomunikasi dan menjaga kelestarian lingkungan serta memiliki kepedulian sosial. | Mampu mengenal Kepribadian orang Lain dan tidak Berprasangka buruk. Mampu memimpin Kelompoknya dan Memberikan KontribusI terhadap organisasi sosial lain Yang dilakukan secaraindividu maupun kelompok. | 4. Dapat saling menghormati dan toleransi dalam bakti antar umat beragama | 1) Selalu mengingatkan anggota lain untuk menunaikan kewajiban agamanya 2) Tahu cara bersikap ketika oranglain melakukan kewajiban agamanya |
5. Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang- kurangnya 2 kali setiap bulan | Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan | |||
6. Setia membayar iuran kepada gugus depan, dengan uang yang diperoleh dari usaha sendiri. | Membayar iuran kepada gugus depan setiap kali latihan mingguan dengan uang yang diperoleh dari usaha sendiri | |||
7. Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-har | Selalu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari | |||
8. Telah membantu mengelola kegiatan di Ambalan. | Aktif dan terlibat dalam Sangga Kerja kegiatan ambalan. | |||
9. Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2 kalI | Minimal 2 kali mengikuti kegiatan kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya | |||
10.Dapat menampilkan kesenian daerah di depan umum minimal satu kali. | Secara Perorangan maupun bersama teman-temannya menampilkan salah satu kesenian daerah | |||
INTE-LEK-TUAL | Mampu menunjukkan semangat dan daya kreativitas yang tinggi dalam mengaplikasikan pengetahuan, teknologi dan keterampilan kepramukaan yang dimilikinya. | Mampumemilih bidang pengetahuan yang diminati untuk menunjangcita- citanya. Mampu Membuat kesimpulan,kritik dan saran terhadap hal yang dipelajari. Mampu berpartisipasi aktif dalamkegiatan teknologi tepat guna. | 11. Mengenal, mengerti dan memahami isi AD & ART Gerakan Pramuka | 1) Dapat menyebutkan nomor keputusan Presiden tentang Gerakan pramuka. 2) Dapat menyebutkan Nomor keputusan Ketua Kwarnastentang ART Gerakan Pramuka 3) Dapat menyebutkan pasal-pasal pokok tentang tujuan, tugas pokok, prinsip dasar kepramukaanmetode kepramukaan. |
12. Dapat menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia dan dUNIA | 1) Dapat menyebutkan pendiri Kepramukaan dunia, sejarah Pramuka dunia dan buku-buku yang dihasilkan oleh Baden Powell. 2) Dapat menceritakan masuknya kepramukaan ke Indonesia. 3) Dapat menceritakan perkembangan kepramukaan Indonesia sampai saat ini | |||
13. Dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan. | Dalam suatu pengembaraan Pembina dapat memberikan tugas berupa : 1) Memperkirakan waktu tanpamelihat jam 2) Menjelaskan bagian-Nagian dari kompas,azimuth dan back azimuth,resection dan intersection 3) Membaca dan membuat tanda jejak dan tanda alam serta membuat peta perjalanannya | |||
14. Dapat menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. | Dapat menyebutkan butir-butir Pancasila dan menyampaikan contoh- contohnya dalam kehidupan sehari- hari | |||
15. Dapat menjelaskan tentang organisasi ASEAN dan PBB. | 1) Dapat menjelaskan ASEAN, Nama sekretaris jenderal ASEAN, alamat secretariat jenderal ASEAN serta organisasi di bawah ASEAN 2) Dapat menjelaskan PBB, Nama sekjen PBB, alamat secretariat PBB serta organisasi-organisasi di bawah PBB. | |||
16. Dapat menjelaskan tentang Kewirausahaan | Menjelaskan dan telah melakukan salah satu kegiatan Kewirausahaan. | |||
17. Dapat mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bermanfaat | Dapat menjelaskan prosesnya serta menunjukan hasil daur ulang | |||
18. Dapat menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam kehidupan sehari-hari. | dapat menggunakan simpul dan ikatan dalam kehidupan sehari-hari | |||
FISIK | mampu melindungi kesehatan dan dapat menerimakondisi fisiknya, memanfaatkannya serta memiliki sportifitas dan kesadaran hidup sehat | Mampu menjaga Kebugaran tubuhnya agar tetap sehat dan primaserta memanfaatkan kemampuan fisiknya. Mampu Menjelaskan perbedaan perkembangan fisik danpsikologis Antara lelakidan perempuan. | 19. Selalu berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olahraga tim. | 1) Minimal 1 minggu sekali melakukan olahraga secara teratur. 2) Melakukan gerakan renang gaya bebas dengan benar. 3) Dapat menjelaskan peraturan permainan satu cabang olahrag tim |
20. Dapat menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan | Dapat menjelaskan di depan Ambalannya tentang perkembangan fisik dan psikis laki-laki dan perempuan | |||
21. Dapat memimpin baris berbaris dan menjelaskanperaturannya kepada anggota sangganya. | 1) Dapat menjelaskan 15 gerakan baris-berbaris di depan anggota sangganya. 2) Dapat memimpin baris berbaris | |||
22. Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilakutidak sehat. | 1) Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit infeksi dan penyebabnya 2) Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit degeneratif dan penyebabnya 3) Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit yang disebabkan prilaku tidak sehat | |||
23. Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut – turut | Aktif dalam mengikuti kegiatan perkemahan selama 3 hari berturut- turut |
Sumber :
Lampiran III : Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 199 Tahun 2011
Tentang Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Penegak
Lampiran III : Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 199 Tahun 2011
Tentang Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Penegak
#Pramuka #Bantara #SKU_Bantara #Jawaban_SKU_Bantara #Pencapaian_SKU_Bantara #Penempuhan_SKU_Bantara #SKU_Penegak_Bantara #SKU_Penegak #Penegak #Pramuka_Penegak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Bagi para pengunjung diharapkan kesediaannya untuk meluangkan sedikit waktu menulis komentar disini...
Komentar anda sangat bermanfaat bagi terus berjalannya blog ini dan postingan selanjutnya....
Anda yang bukan termasuk pengguna yang sudah terdaftar, pengguna dengan akun google ataupun anggota dari blog ini boleh berkomentar disini (dengan cara pilih: Name/URL pada label "Beri komentar sebagai" dibawah Masukkan komentar Anda)
Anda juga boleh requez apapun yang berrhubungan dengan IT dan hobby.. thank's...